Wisata Sasak Cirahong dan Kisah Mistisnya

oleh

CILACAP.INFO – Wisata Sasak Cirahong dan Kisah Mistisnya yang Bikin Merinding. Pernah mendengar kan tentang Sasak Cirahong. Sebuah jembatan panjang yang berbatasan antara Ciamis dengan Tasikmalaya. Dimana diatas jembatan ini terdapat perlintasan kereta api.

Perlintasan kereta api tersebut cukup terkenal, pernah masuk acara misteri, hingga ada lagu bahasa sunda berjudul jembatan tersebut.

Makna Sasak berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah Jembatan. Jembatan atau Sasak Cirahong adalah sebuah jembatan perlintasan kereta api, akan tetapi dibawahnya juga bisa dilalui kendaraan, seperti kendaraan roda dua, dan mobil colt atau sedan. Namun tidak bisa dilintasi oleh truck Bahkan bus yang berukuran besar.

Sasak cirahong ini terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, tepatnya di Manonjaya, Tasikmalaya dan Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Sejarah Sasak Cirahong


Menurut Sejarahnya. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1893. Jembatan ini merupakan bagian dari pembangunan rel kereta api jalur selatan di Pulau Jawa oleh Pemerintah Belanda pada awal mulanya dan hingga kini.

Sasak Cirahong tersebut melintas di atas Sungai Citanduy yang merupakan perbatasan dari kedua kabupaten itu.

Jembatan ini mempunyai nomor BH 1290 dan berada di timur Stasiun Manonjaya Daerah Operasi 2 Bandung.

Selain itu. Jembatan ini menggunakan konstruksi baja yang banyak dan cukup rapat dan memiliki panjang 202 meter. Ini merupakan jembatan yang unik, karena memiliki 2 fungsi. Dimana Bagian atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan.

Namun kendaraan yang melintas harus bergantian masuk, karena ukuran jembatan yang sempit. Selebihnya, Jembatan ini merupakan jalur alternatif dari Tasikmalaya menuju Ciamis lewat Manonjaya dan sebaliknya yang sering digunakan warga dari dua kabupaten di jawa barat tersebut untuk menempuh waktu cepat.