Info Kisah Menarik

Redaktur GMNU Cyber Team: Joko Tingkir adalah Wali Allah dan Keturunan Rasulullah

joko tingkir by topo pinterest
joko tingkir by topo pinterest

CILACAP.INFO – Redaktur GMNU Cyber Team sekaligus founder Cilacap.info, Bahtiar menyoroti sebuah lagu dangdut yang tengah viral yang dalam judul dan isinya terdapat nama Joko Tingkir.

Pegiat Media Sosial yang diminta untuk mengelola laman Islampers.com sebagai laman Official GMNU, terlihat Bahtiar mempublish nasab Joko Tingkir.

Saat dikonfirmasi, Bahtiar mengatakan bahwa lagu dangdut berjudul “Joko Tingkir Ngombe Dawet” ini memang kerap distel oleh anak-anak muda dan mudah dijumpai serta didengar di mana-mana.

“Saya manut ulama saja lah, jika ada Ulama NU dan Masyarakat menyatakan keberatan dengan lagu yang membawa-bawa nama Joko Tingkir, saya sebagai warga Nahdliyin tentu akan ikut beliau-beliau (Ulama) dan Masyarakat, adapun jika Masyarakat dan Ulama keberatan, itu artinya masyarakat dan Ulama sangat menghormati sosok Joko Tingkir, karena Joko Tingkir ini bukanlah orang sembarangan, Beliau adalah Wali Allah, sehingga nama beliau sangat sakral dan harus dimuliakan.” Kata Bahtiar.

Ia menceritakan bahwa Joko Tingkir bukanlah tokoh fiksi yang hanya diceritakan dalam sebuah buku kisah-kisah dan film-film, melainkan Beliau ini Sosok yang nyata dan merupakan Ulama dan Cucu Rasulullah SAW.

“Joko Tingkir ini tokoh nyata, bukan tokoh fiksi yang kemudian difilmkan, beliau merupakan Ulama dan keturunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam yang juga diketahui bahwa Beliau adalah murid dari Kanjeng Sunan Kalijaga. Beliau memiliki 40 Karomah.” Kata Bahtiar.

Bahtiar menjelaskan ia mengetahui berdasarkan apa yang dikatakan oleh KH Abdurrahman Wahid dalam syiir Sigro Milir dalam suatu tayangan youtube yang dipublish pada tahun 2003 saat Beliau (Gus Dur) berceramah dalam acara Maulid Nabi di Gresik Jawa Timur.

“Saya melihat dalam salah satu kanal di Youtube yang terdapat konten ceramah Almaghfurlah Gus Dur yang tengah menceritakan Joko Tingkir. Jadi, Beliau Almaghfurlah Kiai Haji Abdurrahman Wahid pernah mengatakan tentang isi daripada Syiir Sigro Milir, bahwa menurut Beliau dalam syiir tersebut sebetulnya menceritakan tentang Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir asal Pajang yang memiliki 40 kesaktian.” Kata Bahtiar.

Sedangkan, masih lanjut dia, Kesaktian yang dimaksud Gus Dur ini bisa dikatakan dengan Karomah, namun Karomah Wali Allah tidak mungkin diceritakan oleh dirinya sendiri.

“Kesaktian yang dimiliki oleh orang soleh seperti Raden Joko Tingkir ini biasa disebut oleh masyarakat di Indonesia dengan Karomah. Seorang Wali Allah juga tidak akan mungkin menceritakan tentang Karomahnya sendiri sebab itu merupakan sifat ujub yang justru dijauhi oleh seorang Wali Allah. Akan tetapi karomah itu bisa diketahui oleh orang lain yang kemudian menjadi saksi dan diceritakan kepada Masyarakat. Buktinya kan ada, yang menceritakan kisah karomah Joko Tingkir justru orang lain seperti yang terdapat dalam syiir Sigro Milir.” Terang Bahtiar.

Sementara terkait orang sakti yang ngaku-ngaku wali di era teknologi, Bahtiar mengatakan jangan dipercaya.

“Orang yang membicarakan di mana-mana di internet bahwa dirinya memiliki karomah yang diberikan Tuhan, pamer akrobat kebal meski entah itu benar atau tidak, itu jelas bukan wali tapi orang cari cuan untuk memperkaya diri.” Ujar Bahtiar.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait