Khazanah News: Suluk Linglung Sunan Kalijaga

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Siapa yang tidak mengenal sosok Syaikh Raden Said atau Sunan Kalijaga, beliau adalah ulama dan salah satu tokoh penyebar islam di jawa bersama 8 ulama lainnya.

Beliau Sunan Kalijaga adalah salah satu dari ke-9 (sembilan) wali songo, adapun beliau cara beliau berdakwah dan menyebarkan islam di tanah jawa melalui pendekatan budaya.

Selain wayang dipadukan nuansa islami, beliau juga memiliki beberapa suluk atau tembang – tembang. Diantara suluk yang terkenal yakni Suluk Linglung, adapun begini isi di dalam suluk linglung Kanjeng Sunan Kalijaga:

Birahi ananireku,
aranira Allah jati.
Tanana kalih tetiga,
sapa wruha yen wus dadi,
ingsun weruh pesti nora,
ngarani namanireki

Timbullah hasrat kehendak Allah menjadikan terwujudnya dirimu! dengan adanya wujud dirimu menunjukkan akan adanya Allah dengan sesungguhnya! Allah itu tidak mungkin ada dua apalagi tiga. Siapa yang mengetahui asal muasal kejadian dirinya, saya berani memastikan bahwa orang itu tidak akan membanggakan dirinya sendiri.

Sipat jamal ta puniku,
ingkang kinen angarani,
pepakane ana ika,
akon ngarani puniki,
iya Allah angandika,
mring Muhammad kang kekasih.

Adapun sifat jamal (sifat terpuji/bagus) itu ialah, sifat yang selalu berusaha menyebutkan, bahwa pada dasarnya adanya dirinya, karena ada yang mewujudkan adanya. Demikianlah yang difirmankan Allah kepada Nabi Muhammad yang menjadi Kekasih-Nya.

Yen tanana sira iku,
ingsun tanana ngarani,
mung sira ngarani ing wang,
dene tunggal lan sireki iya Ingsun iya sira,
aranira aran mami.

Kalau tidak ada dirimu, Allah tidak dikenal/disebut-sebut! Hanya dengan sebab ada kamulah yang menyebutkan keberadaan-Ku! Sehingga kelihatan seolah-olah satu dengan dirimu. Adanya AKU, Allah, menjadikan dirimu. Wujudmu menunjukkan adanya Dzatku.

Komentar