oleh

Kisah Ular Lembu, Misteri Melegenda di Kalimantan

CILACAP.INFO – Ular Lembu, penghuni dan penunggu sungai di wilayah pulau kalimantan yang melegenda. Ular ini bukanlah ular biasa, namun ular ini berukuran besar, bahkan saking besarnya, ular ini mampu menjebol bendungan.

Seperti halnya orang jawa, orang kalimantan juga menamai hewan Sapi dengan nama Lembu, lalu adakah hubungannya Ular dengan Lembu?

Dinamakan ular lembu dikarenakan kepalanya menyerupai kepala Lembu (Sapi), namun badannya seperti ular.

Kisah melegenda terkait angkernya sungai-sungai besar dikalimantan seperti salah satunya ular lembu ini, bagi masyarakat sana, cerita ini adalah cerita rakyat yang sudah ada sejak turun temurun.

Baca Juga :   Syekh Jambukarang, Pembuka Dakwah Islam di Purbalingga

Namun tak menampik, jika hal tersebut oleh sebagian orang, dianggap hanyalah mitos dan tahayul belaka, sekali lagi CILACAP.INFO hanya berbagi kisah dan cerita rakyat.

Mitos ular lembu ini pernah membuat masyarakat di Kalimantan tepatnya di desa Sebulu Ilir Kabupaten Kutai, Kartanegara, Kalimantan Timur gempar.

Pasalnya, Ular Lembu ini muncul di sebuah sungai dan seperti mengamuk, akibatnya waktu itu yang pada tanggal 28 Agustus 2011, satu rumah yang berada dekat aliran sungai itupun menjadi korban ngerinya Ular Lembu satu ini.

Baca Juga :   Pantai Permisan Wisata di Selatan Nusakambangan

Hal ini, CILACAP.INFO ulas dari Cuplikan kanal video yang publish saat youtube belum seperti sekarang, yaitu publish di tahun 2011 dan video tersebut berdurasi 13 menit 49 detik.

Video tersebut di publikasi oleh akun youtube bernama Jeery Sarimole. Dalam unggahannya, dia juga memberikan sedikit deskripsi singkat bahwa.

Ular lembu merupakan cerita mitologi di Indonesia, salah satunya di Kalimantan. Film ini direkam dengan kamera ponsel saat longsor melanda desa Sebulu Kukar Kaltim, Agustus 2011 lalu. Longsor yang mengakibatkan rubuhnya beberapa rumah di desa Sebulu di pinggir sungai Mahakam ini dipercaya masyarakat Sebulu akibat ulah ular lembu, yang salah satunya terekam dalam video amatir ini.

Namun ketika CILACAP.INFO telusuri, salah satu blogger menjelaskan dengan detail bahwa video tersebut hanyalah dugaan saja.