Budaya Spiritual Komunitas Adat Tajakembang Dayeuhluhur

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Budaya Spiritual Komunitas Adat Tajakembang Dayeuhluhur. Tajakembang merupakan satu dari beberapa komunitas adat yang ada di Jawa Tengah. Secara administratif berada di Dusun Kujang, Desa Cijeruk, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Letak Kecamatan Dayeuhluhur di sebelah utaranya berbatasan dengan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Di sebelah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Di sebelah selatan dengan Kecamatan Langensari Kota Banjar, Jawa Barat (pemakai bahasa Sunda), dan di sebelah barat dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (pemakai bahasa Sunda).

Dayeuhluhur pernah berada di bawah pengaruh Kerajaan Kawali, Jawa Barat, pernah pula berada di bawah pengaruh Kerajaan Mataram. Sebagian besar masyarakat di Dayeuhluhur merupakan suku Sunda atau dikenal dengan nama Urang Sunda.

Masyarakat Dayeuhluhur mewarisi sejarah lisan yang menyatakan bahwa batas masyarakat Sunda (aaman Kerajaan Kawali) sampai Sungai Cijalu yang sekarang masuk Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap.

Sehingga tidak mengherankan apabila masyarakat Dayeuhluhur masih memegang teguh budaya Sunda, walaupun dalam beberapa hal sudah mendapat pengaruh dari luar.

Bahasa Sunda yang mereka gunakan mirip bahasa Serang Banten akibat pengaruh kerajaan Islam di Jawa (menurut penulis cerita ini), tapi menurut CILACAP.INFO bahasa Sunda masyarakat Dayeuhluhur justru mirip dengan di Ciamis Jawa Barat. Jadi Bahasa sundanya halus tidak kasar.

Tapi kembali ke penulis asli dan penerbit, menurutnya Dialek Sunda di Dayeuhluhur merupakan dialek Sunda Kuno yang dipengaruhi bahasa Jawa.

Masyarakat Dayeuhluhur tidak semua senang dengan wayang golek, Bahkan ada yang menganggap tabu. Padahal wayang golek merupakan kesenian yang cukup terkenal dari budaya Sunda. (Menurut penulis dan penerbit demikian tapi menurut CILACAP.INFO sebenarnya semua masyarakat dayeuhluhur senang akan wayang golek).

Komentar