Info Kisah Menarik

Kisah Raja Brawijaya V buat mimpi buruk Warga Cepu Naik Gunung Lawu

Gunung Lawu
Gunung Lawu (Foto: Karanganyarkab.go.id)

CILACAP.INFO – Di balik keindahan Gunung Lawu yang merupakan Gunung yang berbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ternyata menyimpan berbagai mitos dan misteri.

Diketahui Gunung Lawu adalah Gunung yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Selain terkenal akan keindahannya, dan jadi tujuan pendakian bagi yang menyukainya, Gunung ini disebut Gunung Angker yang di dalamnya terdapat Pasar Ghaib dan tuah yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat seperti warga Cepu.

Tak hanya itu, di Gunung ini terdapat Arca atau Candi yang diyakini bekas peninggalan Prabu Brawijaya V yang konon diceritakan Beliau Moksa di Gunung Lawu ini.

Adapun Prabu Brawijaya V, adalah salah satu Raja terakhir pada jaman kerajaan Majapahit yang memiliki ilmu kanuragan tinggi.

Nama lengkapnya adalah Girindrawardhana Dyah Ranawijaya yang memiliki kekuasan di Majapahit dan menjadi Raja sejak tahun 1474 — 1498.

Terkait kisah tentang Prabu Brawijaya V, banyak kisah mengenai sang Prabu yang diungkap dalam Babad Tanah Jawa, bahkan beliau ada kaitannya dengan para Walisongo generasi kedua.

Sebab anak-anak dan cucu sang Prabu ada yang dipersunting oleh ulama yang tergabung dengan Walisongo. Tak hanya itu, anak keturunan sang Prabu juga merupakan pangeran berpangaruh atas perkembangan dan penyebaran islam di tanah jawa, yakni Raden Patah.

Bahkan Raden Mas Said atau Kanjeng Sunan Kalijaga disebut ada keterikatan dengan Prabu Brawijaya V, sebab Sunan Kalijaga menikahi Cucu dari sang Prabu.

Tak hanya keterikatan keluarga, Sunan Kalijaga juga diceritakan punya andil membuat sang Prabu menjadi seorang mualaf atas perintah Raden Patah yang merupakan anak dari Sang Prabu.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait