Ad Dukhan dan Tanda – Tanda Kiamat

by
Indonesia

Sebetulnya isu ini berhembus sudah sejak lama di dunia maya, tahun sebelum – sebelumnya juga muncul informasi seperti ini.

Lantas dari adanya informasi tersebut bukan berarti tidak percaya akan adanya kejadian kabut. Pasalnya hal ini diterangkan di dalam Al Qur’an.

Ayat dan Hadits Tentang Dukhan

Ayat Al – Qur’an terkait Dukhan ada pada Surah Ad Duhkan pada ayat 10 – 11, bahwasanya Allah SWT Berfirman:

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa dukhan (kabut) yang nyata. yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.”

Sedangkan dalam hadits yang di riwayatkan oleh Imam Muslim, Abdullah bin Mas’ud pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Akan datang dukhan (asap) kepada manusia di hari kiamat, yang memasuki pernapasan mereka, sehingga mereka akan merasakan seperti pilek.” (HR. Muslim no. 2798).

Pilek atau Flu adalah salah satu gejala yang ditimbulkan seseorang terkena Covid-19, karena beberapa hadits dari para ulama, kemunculan covid-19 ini dihubung-hubungkan dengan dukhan.

Dukhan Salah Satu Tanda Kiamat

Disebutkan oleh para ulama, bahwa Dukhan (asap) adalah satu dari 10 tanda – tanda kiamat.

Para ulama Nusantara (Indonesia) menyebutkan tentang dukhan yang memang adanya dan juga kiamat pasti terjadi dan mengimaninya. Namun para ulama mengatakan bahwa, kapan terjadinya kiamat tidak bisa dipastikan, karena hal tersebut adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Maha Tahu.

Adapun mengenai kiamat manusia harus mengimaninya, dan para ulama juga tidak sedikit yang mengisahkan di mimbar – mimbar tentang kiamat dan kedahsyatannya.

Kisah – kisah tentang kiamat tersebut yakni seharusnya menjadikan iman dan ketaqwaan manusia semakin meningkat dan bukannya malah menjadi takut dan menajadi panik.

Komentar