Info Kisah Menarik

Kisah Asal Mula Sungai Serayu

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Alkisah, di Jawa Tengah terdapat sebuah sungai yang meng-alir dari hulu Pegunungan Dieng hingga bermuara di Laut Selatan yang letaknya tidak jauh dari Gunung Srandil tepatnya Bedhahan Winong.

Konon, dahulu di wilayah itu ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Dewanata. Prabu Dewanata me-mimpin dengan sangat arif dan bijaksana. Ia memiliki dua orang istri. Salah satu istrinya bernama Dewi Kunthi. Pernikahan sang prabu dengan Dewi Kunthi Nalibrata menghasilkan lima orang putra yang sering disebut dengan Pandawa Lima.

Salah satu putra sang Prabu dari pernikahan tersebut adalah Bima atau lebih dikenal dengan nama Werkudara. Bima adalah seorang senopati penegak Pandawa, bersifat jujur, gagah berani, berkemauan keras, tidak mudah ditundukkan.

Bima juga dikenal memiliki tekad yang keras, jika ia memiliki keinginan harus tercapai. Tidak seorang pun dapat mengurungkan niatnya. Jiwa dan hatinya telah menyatu dengan watak dan sifatnya yang tegas. Ia dikenal dengan semboyan “Rawe-rawe rantas, malang-malang putung” yang berarti ‘tidak gentar dengan apa pun, semua penghalang akan dimusnahkan’.

Suatu ketika Pandawa Lima mendapat perintah dari sang ayah, yakni membangun sebuah candi yang akan digunakan sebagai tempat pemujaan di dataran tinggi Dieng. Kelima saudara yang ter-diri atas si sulung Puntadewa, Bima si kuat dan tegas, si tengah gagah perkasa Arjuna, serta si kembar Nakula dan Sadewa memiliki tekad baja untuk melaksakan titah ayahanda mereka tersebut.

Mereka melakukan perjalanan yang sangat jauh melewati daerah yang tidak mudah, terjal, licin, dan hutan belantara yang belum terjamah manusia. Namun, sudah menjadi tekad Pandawa sehingga hal ini bukanlah suatu halangan bagi mereka.

Di tengah perjalanan, tiba-tiba Bima berkata, “Wahai saudara-saudaraku, mohon berhentilah sejenak. Aku sudah tidak tahan,” kata Bima dengan muka gugup seperti menahan sesuatu. Saudara Bima yang lain terlihat kebingungan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait