Ad Dukhan dan Tanda – Tanda Kiamat

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Bumi memang sudah berusia tua, lantas kapan datangnya Kiamat kita tidak pernah tahu, karena hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Maha Tahu. Namun kiamat pasti akan terjadi dan ketetapan yang tidak bisa dirubah. Adanya hari akhir ini juga terdapat dalam rukun Iman yang ke 5.

Adapun rukun Iman 6 ini adalah:

1. Iman Kepada Allah

2. Iman Kepada Malaikat Allah

3. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

4. Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

5. Iman Kepada Hari Akhir

6. Iman Kepada Qada dan Qadhar.

Beberapa hari belakangan ini tersiar kabar di dunia maya tentang kiamat di pertengahan bulan ramadhan dan munculnya Ad Dukhan (asap atau kabut) di tahun 2020.

Issu ini juga berhembus di tengah – tengah virus pandemi corona (covid-19), Bahkan ada yang menyebutkan bahwasanya kiamat akan terjadi dikaitkan dengan hal ini.

Mereka menyebutkan, dampak Coronavirus membuat aktivitas manusia terbatas, Bahkan kegiatan keagamaan dan kewajiban seperti sholat Jum’at dibatasi jumlahnya.

Tak sampai hanya di sini, kini di tengah situasi pandemi dimana sekarang ini telah memasuki bulan penuh kemuliaan, penuh keberkahan dan bulan penuh ampunan, masjid, mushola pun dikosongkan.

Himbauan tersebut bukannya tanpa sebab, karena virus corona bisa menular dari yang terjangkit virus tersebut, meskipun si penderita tidak mengalami gejala.

Issu lainnya yang dikaitkan dengan hal ini, yakni penolakan para jenazah positif covid-19. Sedang dalam agama islam sendiri, menguburkan mayit dan menyolati mayit baik laki-laki maupun wanita adalah hukumnya fardu kifayah.

Lantas dari hal – hal tersebut, banyak yang mengaitkannya dengan tanda – tanda kiamat dan juga munculnya ad dukhan di pertengahan bulan ramadhan.

Komentar